Welcome in Fajar's Blog


Welcome To My website...I allocate about PRAMUKA, PASKIBRA and English Language Material. If You Want Ask Something About That, Laeve Me some Commant..Thanks For Your Attentions and Thanks For Your Visited. And one more,leave your identity with join this site if you like this blog... Thank you...

Tuesday 17 April 2012

Unsur-unsur Kalimat Bahasa Inggris


Kata Kerja
Kata Kerja adalah bagian inti dari Tenses Bahasa Inggris. Kata kerja atau Verb pada rumus-rumus Tenses di blog ini, Kata kerja atau Verb ini sering saya singkat V saja. Jadi kalau V+ing artinya sama dengan Verb+ing, sering juga saya tulis sebagai “Ving” saja agar mudah.
Kata kerja dalam bahasa Inggris ada banyak bentuknya: V1, V2, V3, Ving.
Kata Kerja bentuk 1, yaitu kata kerja dasar, seperti: drink, go, write, read, participate, learn, study, dan sebagainya. Ada kata kerja bentuk ke 2,yaitu bentuk kedua dari V1 seperti drank,ran, ate, dll. Kata kerja bentuk 3 ya V3., yaitu bentuk ketiga dari V1 seperti drunk, gone, done, dll. Serta Kata Kerja bentuk ING atau saya singkat Ving, seperti singing, drinking. Bagaimana cara menggunakan bentuk-bentuk kata kerja tersebut? Ada di masing-masing pelajaran Tenses Bahasa Inggris.
Perubahan Bentuk Kata Kerja
Perubahan bentuk Kata Kerja bentuk 1 (V1) ke bentuk kedua (V2) dan bentuk ke 3 (V2) ada yang beraturan (ada rumusnya) dan ada juga yang tidak beraturan (tidak ada rumusnya). Wah memamg inilah yang membuat bahasa Inggris ini menjadi rumit bagi kita orang Indonesia, haha.
Kata Kerja Beraturan (Regular Verb):
Artinya ya mempunyai keteraturan bentuknya, ada rumusnya misalnya ditambah “D” atau “ED” seperti: live – lived – lived, play, played, played.
Walaupun ada aturannya tetapi aturan perubahan tersebut masih ada beberapa. Daftar kata kerja beraturan ini pun panjang sekali. Saya sarankan Anda mempunyai buku Grammar Bahasa Inggris walaupun yang kecil dan sederhana, biasanya ada di sana. Memang Anda mau menulsinya disini satu per satu?.
Kata Kerja TIDAK Beraturan (Irregular Verb):
Misalnya kata kerja “drink” berturut-turut untuk bentuk ke 1 sampai 3: drink-drank-drunk. Satu contoh lain lagi: break-broke-broken
Masih ingat V1, V2, V3 dan Ving? Jangan lupa apa itu artinya ya, karena akan sering dipergunakan dalam setiap  tenses bahasa inggris
Kalimat dalam bahasa Inggris dapat dibagi menjadi beberapa jenis dan pola, tergantung titik pandang tujuan atau kegunaan praktis yang diinginkan. Untuk tujuan identifikasi dan analisis kalimat dalam usaha memahami artinya, kalimat bahasa Inggris tersebut dikelompokkan menjadi enam pola dasar beserta unsur-unsurnya, yaitu:
          FungsiTipeSubyekPredikatObyekPelengkapKeterangan
a. S-PThe studentrun
b. S-P-OThe studentdrinksmilk
c. S-P-PelThe studentisa lazy student
d. S-P-KetThe studentstudiesin the library
e. S-P-O-PelThe studentopenedthe doorQuietly
f. S-P-O-KetThe studentreadthe bookat your house
Keenam pola dasar di atas dapat membentuk kalimat-kalimat bahasa Inggris yang kompleks dengan cara menggabungkan, memodifikasi, atau mensubstitusi unsur-unsurnya.  Dari  pada pola dasar di atas dapat dikategorkan  jenis kata atau bangun apa saja yang dapat menduduki posisi Subjek, Predikat, Objek, Pelengkap, dan Keterangan.
Sebagai SubjekKata ganti, kata benda / kelompok kata benda, kata kerja+ing (gerund)to infinitivewh-to infinitive, dan sub klausa benda
Sebagai PredikatKata kerja I (+s / es), kata kerja II, to be (is, am, are, was, were), kata kerja bantu (will, can, may, must, have, had)
Sebagai Objek Sama seperti Subjek 
Sebagai PelengkapKata sifat, kelompok preposisi dan yang lain sama seperti Subjek
Sebagai KeteranganKata keterangan, kelompok proposisi.(letak keterangan bisa di awal, tengah atau akhir kalimat)
Bentuk kata kerja dan to be dalam bahasa Inggris berubah mengikuti perubahan waktu terjadinya peristiwa. Bentuk kata kerja yang menunjuk perubahan waktu ini disebut sebagai tenses. Ada enam belastenses dalam bahasa Inggris, tetapi untuk daily conversation umumnya menggunakan lima tenses sebagai berikut:
  1. Simple present tense
menyatakan sesuatu peristiwa atau kejadian yang terjadi berulang-ulang atau suatu kebiasaan, juga untuk menyatakan suatu kebenaran umum.
  1. Present continuous tense
menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung pada saat sekarang (sedang berlaku).
  1. Present perfect tense
menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang dilakukan di waktu lampau tetapi masih ada hubungannya dengan waktu sekarang, atau kejadian yang baru saja dilakukan, tapi waktunya tidak disebutkan.
  1. Simple past tense
menyatakan suatu pekerjaan atau peristiwa di waktu lampau
  1. Simple future tense
menyatakan suatu pekerjaan atau kejadian yang belum terjadi dan akan terjadi di masa yang akan datang.
I  drink milk everydayMinumSimple present tense
am drinking milk nowSedang minumPresent continuous tense
have drunk milk since 1999Telah minumPresent perfect tense
drank milk  yesterdayTelah minumSimple past tense
I  will drink milk tomorrowAkan minumSimple future
untuk lebeih jelasnya akan di postkan satu persatu tenses nanti.

2 komentar:

  1. Fajar, can you explain the Elements of sentence in English??
    please send me your answer via email,
    my email: madinamunggi@yahoo.co.id
    I need your comment soon,,,, thank's a lot,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for your comment,, I've sent the answer via e-mail. :GR17

      Delete