Welcome in Fajar's Blog


Welcome To My website...I allocate about PRAMUKA, PASKIBRA and English Language Material. If You Want Ask Something About That, Laeve Me some Commant..Thanks For Your Attentions and Thanks For Your Visited. And one more,leave your identity with join this site if you like this blog... Thank you...

Sunday 27 February 2011

Peraturan Baris Berbaris (Part 4)


    K. BELOK KANAN/KIRI
                Aba-aba : Belok Kanan/Kiri = JALAN
                Pelaksanaannya  : 
Aba-aba pelaksanaan dijatuhkan pada saat kaki kanan /kiri jatuh di tanah. setelah ditambah satu langkah, kemudian penjuru depan merubah arahnya 90° ke kanan/ kiri dan mulai berjalan ke arah yang baru. Pasukan lainnya mengikuti gerakan itu setibanya pada tempat belokan tersebut (tempat penjuru belok).
    L. 2x BELOK KANAN/KIRI
              Aba-aba : Dua kali belok kanan/kiri = JALAN
              Pelaksanaannya :
Seperti tersebut yang diatas yang selanjutnya setelah dua langkah berjalan kemudian melakukan gerakan belok kanan/kiri lagi.
    M. HORMAT KANAN/KIRI
                Aba-aba : Hormat kanan/kiri = GERAK
                Pelaksanaan :
Gerakan ini dilakukan pada waktu barisan berjalan dengan langkah tegap. aba-aba pelaksanaan diberikan pada waktu kaki kanan jatuh di tanah, kemudian ditambah satu langkah, langkah berikutnya kepala dipalingkan dan pandangan mata diarahkan kepada yang di beri hormat sampai  45°hingga ada aba-aba  " Tegak = GERAK ". Banjar kanan/ kiri tetap melihat kedepan untuk memelihara arah. Setelah arah pandangan yang diberi hormat mencapai 45° dari pada pandangan lurus kedepan, maka kepala dan pandangan mata tetap pada arah tersebut hingga dapat aba-aba " Tegak = GERAK ".
               Gerakan selesai menghormat.
               Aba-aba : Tegak =GERAK
              Pelaksanaan :
Aba-aba pelaksanaan diberikan pada waktu kaki kanan jatuh di tanah. Setelah ditambah satu langkah, lengan dilengangkan (kembali ke langkah tegap).
    N. MELINTANG KANAN/KIRI
               1. Berhenti ke berhenti.
                   Aba-aba : Melintang kanan/kiri = JALAN
                   Pelaksanaannya :
setelah aba-aba pelaksanaan, Barisan melakukan gerakan "Hadap Kanan/kiri", kemudian barisan membuat gerakan "Haluan kanan/kiri" dari berhenti ke berhenti, kemudian setelah diberi aba-aba Maju = JALAN, barisan melakukan gerakan.
                  "Maju = JALAN"
         catatan :
         setelah ada isyarat dari penjuru, komandan langsung memberi aba-aba Maju = JALAN (pasukan tidak
         berhenti dulu).

             2. Berhenti ke berjalan.
                 Aba-aba : Melintang Kanan/Kiri = JALAN
                 Pelaksanaanya :
Pada aba-aba pelaksanaan, anggota barisan melakukan gerakan "Hadap kanan/kiri", kemudian barisan membuat gerakan haluan kanan/kiri, setelah lurus penjuru kanan/kiri memberikan isyarat "Lurus". Selanjutnya komandan memberikan aba-aba "Maju = JALAN". Setelah aba-aba pelaksanaan, ditambah satu langkah barisan maju dengan langkah biasa.
            3. Berjalan ke berjalan.
                Aba-aba : Melintang Kanan/kiri Maju = JALAN.
          setelah aba-aba pelaksanaan, ditambah satu langkah, melakukan gerakan melintang kanan/kiri dari
          berhenti ke berjalan.

    O. HALUAN KANAN/KIRI
         gerakan ini hanya dilakukan bersaf, dengan merubah arah atau merubah bentuk.
           1. Berhenti ke berhenti.
               Aba-aba : Haluan Kanan/kiri = JALAN
               Pelaksanaan :
Setelah aba-aba pelaksanaan penjuru kanan/kiri berjalan ditempat dengan memutarkan arah secara perlahan-lahan dengan merubah arah sampai sebesar 90 °, bersamaan dengan itu, masing-masing saf mulai maju jalan dengan rapih (denga tidak melenggang) sambil meluruska safnya hingga merubah arah sebesar 90°, kemudian berjalan ditempat, setelah penjuru kanan/ kiri depan melihat safnya lurus memberi isyarat "LURUS", kemudian Komandan memberi aba-aba : "Henti = GERAK", yang diucapkan pada waktu kaki kanan/kiri jatuh di tanah. Setelah ditambah satu langkah kemudian seluruh pasukan berhenti.
           2. Berhenti ka berjalan.
               Aba-aba : Haluan Kanan/kiri = JALAN
               Pelaksanaan :
Sama dengan gerakan dari berhenti ke berhenti. Namun bedanya setelah ada isyarat "LURUS" dari penjuru Komandan langsung memberikan aba-aba "Maju = JALAN" (pasukan tidak berhenti dulu).
          3. Berjalan ke berjalan.
              Aba-aba : Haluan Kanan/kiri = JALAN
              Pelaksanaan :
Aba-aba pelaksanaan dijatuhkan pada waktu kaki kanan/kiri jatuh di tanah. Kemudian ditambah satu langkah, selanjutnya barisan melakukan gerakan seperti haluan kanan/kiri dari berhenti ke berjalan.
         Catatan :
         Pada saat pelaksanaan Haluan lengan tidak melenggang.

No comments:

Post a Comment